NASKAH ROLE
PLAY KOMUNIKASI DALAM KEPERAWATAN
KOMUNIKASI PADA
MASYARAKAT DAN KOMUNITAS
Dosen Pengampu :
Disusun Oleh
Kelompok 12 :
1.
Adha Tazakka (P17420213040)
2.
Karina Meydiana RP (P17420213057)
3.
Tuti Alfiyah (P17420213072)
1 B
KEMENTERIAN KESEHATAN RI
POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
PRODI DIII KEPERAWATAN PURWOKERTO
2014
1.
Topik
: Penyuluhan Cara Cuci Tangan Yang Benar
2. Sasaran
: Siswa-siswi Sekolah Dasar
3. Metode
: Penyampaian materi, diskusi dan demonstrasi
4. Pelaksanaan
Kegiatan
Tanggal
: 29 April 2014
Waktu
: 08.00 – 09.00
WIB
Tempat
: Ruang kelas Sekolah
Dasar (SD)
5. Pengorganisasian :
Moderator : Mahasiswa
1
Penyaji : Mahasiswa 2 dan Mahasiswa 3
1.
Kegiatan Penyuluhan
No
|
Kegiatan penyuluhan
|
Kegiatan audiens
|
Waktu
|
1.
|
Tahap
pembukaan
1.1
Moderator
membuka acara dan memberi salam
1.2 Perkenalan
1.3 Menjelaskan tujuan penyuluhan
1.4 Memberikan kesempatan bertanya
|
Menjawab salam, mendegarkan, bertanya
Mendengar dan memperhatikan
Mendengar dan memperhatikan
Bertanya, mendengar dan memperhatikan
|
10 menit
|
2
|
Tahap pelaksanaan
2.1 Menggalali pengetahuan audiens
tentang pengertian kebersihan
2.2 Memberikan reinforsemen positif
2.3 Menjelaskan definisi kebersihan
2.4 Menjelaskan faktor – faktor
penyebab menurunya kebersihan
2.5 Menjelaskan dampak dari
menurunnya kebersihan
2.6 Menjelaskan cara mengatasi
menurunnya kebersihan
2.7 Menjelaskan cara mencuci tangan
yang baik
2.8 Mendemonstrasikan cara cuci
tangan yang benar
2.9 Memberikan kesempatan audiens
untuk mempraktekan cara mencuci tangan yang benar
2.10 Memberikan reinforsemen positif
2.11 Memberikan kesempatan bertanya
|
Menjawab pertanyaan, mendengar
memberikan persepsi tentang kebersihan, bertanya
Mendengar, memperhatikan
Mendengar, memperhatikan
Mendengar, memperhatikan
Mendengar, memperhatikan
Mendengar, memperhatikan
Mendengar, memperhatikan
Memperhatikan
Mendemonstrasikan cara cuci tangan
yang benar
Mendengar, memperhatikan
Menjawab pertanyaan, mendengar
memberikan persepsi tentang kebersihan, bertanya
|
35 menit
|
3
|
Tahap
Penutup
3.1
Penyaji menyimpulkan materi Tentang pencegahan toxoplasmosis
3.2
Moderator menutup acara dan mengucapkan salam
|
Mendengar, dan menyimpulkan materi
dengan audiens
Mendengar, menjawab salam
|
15 menit
|
Pemeran :
Mahasiswa 1 : Tuti Alfiyah
Mahasiswa 2 : Adha Tazzaka
Mahasiswa 3 : Karina Meydiana
Naskah Role Play
Tiga orang mahasiswa dari Poltekkes
Semarang mengadakan penyuluhan tentang PHBS kepada anak-anak SD Maju Jaya 1.
Mereka telah mengantongi izin dari
Kepala Sekolah tersebut.
Mereka menyiapkan semua bahan dan
peralatan yang akan digunakan kegiatan penyuluhan kesehatan di SD tersebut. Kemudian mereka melakukan penyuluhan di SD tersebut. Lalu mereka
masuk ke ruang kelas, semua mahasiswa mempersiapkan alat dan bahannya sedangkan
semua siswa duduk di tempatnya masing-masing dengan tertib.
Mahasiswa
1 : Selamat pagi, adik-adik!
Semua
Siswa : Selamat pagi, kakak!
Mahasiswa
1 : Bagaimana kabar kalian hari ini?
Semua
Siswa : Baik, kak.
Mahasiswa
1 : Saya akan memperkenalkan diri saya dan teman-teman saya
di sini. Saya sendiri kak Adha.
Di samping saya kak Karina.
Dan yang terakhir kak Tuti.
Kami disini
akan menyampaikan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Baik untuk menyingkat
waktu langsung saja kita mulai. Kepada penyaji kami persilahkan.
Mahasiswa
2 : Saya akan memulai penyuluhan tentang perilaku
hidup bersih dan sehat serta cara mencuci tangan dengan baik dan benar
supaya adik-adik tau tentang hal tersebut
dan menambah pengetahuan adik-adik.
Di sini kak
Tuti dan kak Karina akan
menjelaskan
tentang PHBS. Silakan kak Karina terlebih dahulu menjelaskan.
Mahasiswa
3 : Baik, terima
kasih. Adik-adik tau tidak apa itu
PHBS?
Siswa :
Tidaaaak
Mahasiswa
3 : oke, kami akan mulai menjelaskan PHBS
Materi
I. Pengertian
Perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah adalah upaya untuk
memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekola agar tahu , mau ,
dan mampu mempraktikkan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah
sehat.
II. Faktor Penyebab Menurunnya Kebersihan
1. Pencemaran
lingkungan
Paparan asap yang pencemaran lingkungan
dari berbagai proses kegiatan pembangunan makin meningkat. Seperti makin
meluasnya gangguan akibat paparan asap, emisi gas buang sarana transportasi,
kebisingan, limbah industri dan rumah tangga serta gangguan kesehatan akibat
bencana..
2. Menurunnya kebersihan perorangan seperti gosok
gigi yang tidak baik dan benar, kebiasaan cuci tangan yang tidak
pakai sabun dan tidak
menggunakan air bersih mengalir, tidak membuang sampah pada tempatnya.
3. Perilaku berisiko seperti merokok,
perkelahian antar pelajar.
III. Dampak Menurunya
Kebersihan
Menurunnya kebersihan lingkungan atau
perorangan pada anak dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit infeksi
dan penyakit menular . Kasus infeksi seperti demam berdarah dengue, diare,
cacingan, infeksi saluran pernapasan akut,dan lain –lain.
IV. Cara Mengatasi Menurunnya Kebersihan
· Buang
sampah pada tempat nya
· Mencuci dengan sabun dan air mengalir
· Menjaga
lingkungan di sekitar kita
· Menjaga
kebersihan badan
· Tidak merokok dan menggunakan NAPZA
· Tidak meludah sembarangan
· Buang air kecil dan buang air besar pada
jamban sehat
· Tidak jajan sembarangan
Mahasiswa
2 dan 3 menjelaskan tentang PHBS.
Mahasiswa
3
: Apa ada yang ditanyakan adik-adik?
Semua
siswa : Tidak
Mahasiswa
2 : Baik kalau begitu,
sekarang kita peragakan cara cuci tangan yang benar ya
Semua
siswa : Iya kak
Mahasiswa
2 : Kita mulai ya.
Siap?
Semua
siswa : Siap kak
Mahasiswa
2 : Pertama basahi tangan
dengan air, kemudian kita ambil sabun lalu ratakan sabunnya. Gosok-gosok
punggung tangan bergantian. Kemudian bersihkan sela-sel jari tangan seperti
ini. Selanjutnya mengunci seperti ini lalu putar ibu jari. Kemudian kita
bersihkan kuku dan yang terakhir kita gosok pergelangan tangan. Lalu kita bilas
dengan air bersih.
Mahasiswa
3 :
Ayo bisa ga adik-adik?
Siswa
: Ulangi kak, masih bingung
Mahasiswa
3
: Baik ya kita ulangi sambil adik-adik ikut menirukan ya
Semua
siswa ikut menirukan langkah-langkah cuci tangan
Mahasiswa
2 :
Gimana? Mudah kan? Ayo siapa yang mau maju untuk memperagakan seperti
kakak-kakak tadi, nanti kita kasih hadiah loh..
Siswa : Aku aku kak
Salah
satu siswa memperagakan cuci tangan di depan kelas.
Mahasiswa 2 :
Pinter. Ini hadiah buat kamu adik manis
Siswa :
Makasih kak
mahasiswa 2 : Sama-sama.
Mahasiswa
1 : Selanjutnya ada yang ingin bertanya?
Siswa
: Saya
kak saya. Kalo pake handsanitizer boleh
ga kak?
Mahasiswa 3 : Iya, boleh.
Tetapi mencuci
tangan lebih baik yaa kan memakai air mengalir
Mahasiswa 2 :
Sekarang kita sudah tau cara cuci tangan yang baik dan benar. Adik-adik tau gak kapan kita harus mencuci
tangan?
Siswa
: Sebelum makan, sesudah makan
Mahasiswa 2
: 100 untuk kalian semua. Benar semua jawabannya. Ada lagi yang tau?
Mahasiswa
3
: selain itu masih ada lagi loh seperti habis Buang Air Kecil dan Buang Air
Besar. Apa kalian mencuci tangan setelah BAK dan BAB?
Siswa : iya
mahasiswa 3 : bagus. Kalau begitu, adik-adik sudah mengerti
tentang perilaku hidup bersih dan sehat.
Mahasiswa
1 :
Sekarang adik-adik sudah tau cara mencuci tangan yang baik dan benar. Udah 1 jam kita disini dan mengetahui perilaku hidup bersih
dan sehat. Sekarang kakak-kakak pamit pulang ya. Terima kasih perhatiannya
Semua
siswa :
sama-sama kak.
Semua
mahasiswa : selamat siang adik-adik.
Assalamualaikum
Semua
siswa
: selamat siang ka. Waalaikumsalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar