Selasa, 06 Mei 2014

Role Play Komunikasi dalam Keperawatan "Komunitas"

NASKAH ROLE PLAY KOMUNIKASI DALAM KEPERAWATAN
KOMUNIKASI PADA MASYARAKAT DAN KOMUNITAS

Dosen Pengampu :



 


Disusun Oleh Kelompok 12 :

             1.      Adha Tazakka           (P17420213040)
             2.      Karina Meydiana RP (P17420213057)
             3.      Tuti Alfiyah               (P17420213072)
  
                 1 B




KEMENTERIAN KESEHATAN RI
POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
PRODI DIII KEPERAWATAN PURWOKERTO
2014




1. Topik                                   : Penyuluhan Cara Cuci Tangan Yang Benar
2. Sasaran                                : Siswa-siswi Sekolah Dasar
3. Metode                                : Penyampaian materi, diskusi dan demonstrasi
4. Pelaksanaan Kegiatan
Tanggal                               : 29 April 2014
Waktu                                 : 08.00 – 09.00 WIB
Tempat                                : Ruang kelas Sekolah Dasar (SD)
5. Pengorganisasian :
                                Moderator       : Mahasiswa 1
Penyaji                        : Mahasiswa 2 dan Mahasiswa 3

1. Kegiatan Penyuluhan
No
Kegiatan penyuluhan
Kegiatan audiens
Waktu
1.
Tahap pembukaan
1.1  Moderator membuka acara dan memberi salam

1.2 Perkenalan
1.3 Menjelaskan tujuan penyuluhan

1.4 Memberikan kesempatan bertanya

Menjawab salam, mendegarkan, bertanya
Mendengar dan memperhatikan
Mendengar dan memperhatikan
Bertanya, mendengar dan memperhatikan
10 menit
2
Tahap pelaksanaan
2.1 Menggalali pengetahuan audiens tentang pengertian kebersihan

2.2 Memberikan reinforsemen positif

2.3 Menjelaskan definisi kebersihan
2.4 Menjelaskan faktor – faktor penyebab menurunya kebersihan
2.5 Menjelaskan dampak dari menurunnya kebersihan
2.6 Menjelaskan cara mengatasi menurunnya kebersihan
2.7 Menjelaskan cara mencuci tangan yang baik
2.8 Mendemonstrasikan cara cuci tangan yang benar
2.9 Memberikan kesempatan audiens untuk mempraktekan cara mencuci tangan yang benar
2.10 Memberikan reinforsemen positif
2.11 Memberikan kesempatan bertanya

Menjawab pertanyaan, mendengar memberikan persepsi tentang kebersihan, bertanya
 Mendengar, memperhatikan
Mendengar, memperhatikan
Mendengar, memperhatikan
Mendengar, memperhatikan
Mendengar, memperhatikan
 Mendengar, memperhatikan
Memperhatikan
      
Mendemonstrasikan cara cuci tangan yang benar      
Mendengar, memperhatikan
Menjawab pertanyaan, mendengar memberikan persepsi tentang kebersihan, bertanya
35 menit
3
Tahap Penutup
3.1  Penyaji menyimpulkan materi Tentang pencegahan toxoplasmosis
3.2  Moderator menutup acara dan mengucapkan salam

Mendengar, dan menyimpulkan materi dengan audiens
Mendengar, menjawab salam
15 menit




Pemeran :
Mahasiswa 1      : Tuti Alfiyah
Mahasiswa 2      : Adha Tazzaka
Mahasiswa 3      : Karina Meydiana


Naskah Role Play

Tiga orang mahasiswa dari Poltekkes Semarang mengadakan penyuluhan tentang PHBS kepada anak-anak SD Maju Jaya 1. Mereka telah mengantongi  izin dari Kepala Sekolah tersebut.
Mereka menyiapkan semua bahan dan peralatan yang akan digunakan kegiatan penyuluhan kesehatan di SD tersebut. Kemudian mereka melakukan penyuluhan di SD tersebut. Lalu mereka masuk ke ruang kelas, semua mahasiswa mempersiapkan alat dan bahannya sedangkan semua siswa duduk di tempatnya masing-masing dengan tertib.
Mahasiswa 1               : Selamat pagi, adik-adik!
Semua Siswa               : Selamat pagi, kakak!
Mahasiswa 1               : Bagaimana kabar kalian hari ini?
Semua Siswa               : Baik, kak.
Mahasiswa 1               : Saya akan memperkenalkan diri saya dan teman-teman saya  di sini. Saya sendiri kak Adha. Di samping saya kak Karina. Dan yang terakhir kak Tuti.
                                    Kami disini akan menyampaikan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Baik untuk menyingkat waktu langsung saja kita mulai. Kepada penyaji kami persilahkan.
Mahasiswa 2               : Saya akan memulai penyuluhan tentang perilaku hidup  bersih dan sehat serta cara mencuci tangan dengan baik dan benar supaya adik-adik tau tentang hal tersebut dan menambah pengetahuan adik-adik.
Di sini kak Tuti dan kak Karina  akan menjelaskan tentang PHBS. Silakan kak Karina terlebih dahulu menjelaskan.
Mahasiswa 3               : Baik, terima kasih. Adik-adik tau tidak apa itu PHBS?
Siswa                           : Tidaaaak
                      
Mahasiswa 3               : oke, kami akan mulai menjelaskan PHBS


Materi
I. Pengertian
Perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekola agar tahu , mau , dan mampu mempraktikkan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat.
II. Faktor Penyebab Menurunnya Kebersihan
1. Pencemaran lingkungan
Paparan asap yang pencemaran lingkungan dari berbagai proses kegiatan pembangunan makin meningkat. Seperti makin meluasnya gangguan akibat paparan asap, emisi gas buang sarana transportasi, kebisingan, limbah industri dan rumah tangga serta gangguan kesehatan akibat bencana..
2. Menurunnya kebersihan perorangan seperti gosok gigi yang tidak baik dan benar, kebiasaan   cuci tangan yang tidak pakai sabun dan tidak menggunakan air bersih mengalir, tidak membuang sampah pada tempatnya.
3. Perilaku berisiko seperti merokok, perkelahian antar pelajar.
III. Dampak Menurunya Kebersihan
Menurunnya kebersihan lingkungan atau perorangan pada anak dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit infeksi dan penyakit menular . Kasus infeksi seperti demam berdarah dengue, diare, cacingan, infeksi saluran pernapasan akut,dan lain –lain.
IV. Cara Mengatasi Menurunnya Kebersihan
·         Buang sampah pada tempat nya
·         Mencuci dengan sabun dan air mengalir
·         Menjaga lingkungan di sekitar kita
·         Menjaga kebersihan badan
·         Tidak merokok dan menggunakan NAPZA
·         Tidak meludah sembarangan
·         Buang air kecil dan buang air besar pada jamban sehat
·         Tidak jajan sembarangan

Mahasiswa 2 dan 3 menjelaskan tentang PHBS.

Mahasiswa 3               : Apa ada yang ditanyakan adik-adik?
Semua siswa                : Tidak
Mahasiswa 2               : Baik kalau begitu, sekarang kita peragakan cara cuci tangan yang benar ya
Semua siswa                : Iya kak
Mahasiswa 2               : Kita mulai ya. Siap?
Semua siswa                : Siap kak
Mahasiswa 2                 : Pertama basahi tangan dengan air, kemudian kita ambil sabun lalu ratakan sabunnya. Gosok-gosok punggung tangan bergantian. Kemudian bersihkan sela-sel jari tangan seperti ini. Selanjutnya mengunci seperti ini lalu putar ibu jari. Kemudian kita bersihkan kuku dan yang terakhir kita gosok pergelangan tangan. Lalu kita bilas dengan air bersih.
Mahasiswa 3               : Ayo bisa ga adik-adik?
Siswa                          : Ulangi kak, masih bingung
Mahasiswa 3               : Baik ya kita ulangi sambil adik-adik ikut menirukan ya

Semua siswa ikut menirukan langkah-langkah cuci tangan

Mahasiswa 2              : Gimana? Mudah kan? Ayo siapa yang mau maju untuk memperagakan seperti kakak-kakak tadi, nanti kita kasih hadiah loh..
Siswa                           : Aku aku kak

Salah satu siswa memperagakan cuci tangan di depan kelas.

Mahasiswa   2               : Pinter. Ini hadiah buat kamu adik manis
Siswa                             : Makasih kak
mahasiswa 2                  Sama-sama.
Mahasiswa 1                 : Selanjutnya ada yang ingin bertanya?
Siswa                             : Saya kak saya. Kalo pake handsanitizer boleh ga kak?
Mahasiswa 3                  : Iya, boleh. Tetapi mencuci tangan lebih baik yaa kan  memakai air mengalir
Mahasiswa  2                : Sekarang kita sudah tau cara cuci tangan yang baik dan benar. Adik-adik tau gak kapan kita harus mencuci tangan?
Siswa                              : Sebelum makan, sesudah makan
Mahasiswa 2                  : 100 untuk kalian semua. Benar semua jawabannya. Ada lagi yang tau?
Mahasiswa 3                  : selain itu masih ada lagi loh seperti habis Buang Air Kecil dan Buang Air Besar. Apa kalian mencuci tangan setelah BAK dan BAB?
Siswa                              : iya
mahasiswa 3                : bagus. Kalau begitu, adik-adik sudah mengerti tentang perilaku hidup bersih dan sehat.
Mahasiswa 1               : Sekarang adik-adik sudah tau cara mencuci tangan yang baik dan benar. Udah 1 jam kita disini dan mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat. Sekarang kakak-kakak pamit pulang ya. Terima kasih perhatiannya
Semua siswa                : sama-sama kak.
Semua mahasiswa       : selamat siang adik-adik. Assalamualaikum
Semua siswa                : selamat siang ka. Waalaikumsalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar